Ini yang Terjadi Jika Tubuh Tersambar Petir

Berita terkait 11 pendaki yang tersambar petir di Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah, jadi buah bibir banyak orang-orang mengingat area ini termasuk juga dalam object wisata yang sangatlah ramai pengunjung. Mengingat kita tinggal di negara dengan curah hujan yang cukuplah tinggi, jadi peristiwa tersambar petir juga lumayan banyak berlangsung. Sebetulnya, apa yang berlangsung pada badan apabila tersambar petir sampai dapat membuat satu orang wafat?

Kita pasti tahu kalau petir bawa muatan listrik yang besar sekali. Jadi kabar, dalam sebuah sambaran saja, ada peluang petir bawa 300 kilovolt listrik yang pasti dapat tewaskan satu orang dengan cukup cepat. Lalu, kenapa ada orang yang sukses selamat dari sambaran petir tetapi seringkali juga ada orang yang wafat karena itu? Ahli kesehatan mengatakan kalau ini bergantung dari tipe sambaran atau hantaran dari petir itu.

Seandainya petir menyambar badan dengan cara langsung, jadi muatan listrik yang besar sekali ini dapat mengundang kehancuran otak dengan instant atau bahkan juga menyudahi denyut jantung sampai-sampai korbannya langsung wafat. Kala tersambar dengan cara langsung, listrik ini akan memanggang otak korbannya atau membuat kemampuan jantung sungguh-sungguh berhenti keseluruhan sampai-sampai membuat nyawanya melayang-layang. Disamping itu, untuk banyak korban petir yang tidak terserang sambaran dengan cara langsung, 70-90 prosen korbannya masih dapat selamat meskipun dapat alami cedera atau bahkan juga kecacatan.

Dr. Joseph Zito yang datang dari Franklin Hospital mengatakan kalau petir dapat membuat cedera bakar yang cukup serius. Gak itu saja, sambaran petir bisa juga menyebabkan kerusakan saluran saraf dan saluran darah. Pada dunia medis sendiri, cedera sisa sambaran petir punyai skema yang ciri khas serta dinamakan Licthenberg figur, cedera yang nampak lantaran pecahnya pembuluh darah gara-gara terserang saluran listrik yang sangatlah panas, ialah sampai suhu 27 ribu derajat Celcius. Seandainya korban dengan cedera ciri khas ini sukses selamat, kemungkinan besar Dia akan alami kelumpuhan atau bahkan juga sensasi kebas pada tubuhnya. Gak itu saja, Dia bisa juga alami pecah gendang telinga mengingat suara petir juga pula kencang kala menyambarnya.

No Comments

Categories: Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *