Jika Anak Terlambat Melakukan Imunisasi, Apakah Bisa Disusul Saat Nanti Tumbuh Besar?

Biarpun udah lumayan banyak disiapkan oleh pemerintah, dalam realitanya cukup banyak orang-orang tua yg tidak bisa memberikannya imunisasi pada anak-anaknya lantaran minimnya tempat, kelengkapan tempat medis di dekat tempat tinggalnya, atau bahkan juga lantaran anak tidak pingin diimunisasi. Satu pertanyaan lantas nampak, apa bila anak terlambat melaksanakan imunisasi, kita dapat menyusulkan imunisasi ini waktu anak kelak semakin besar?

Ahli kesehatan dr. Piprim Yanuarso, SpA(K) yg datang dari Ikatan Dokter Anak Indonesia menuturkan jika biarpun terlambat ataukah tidak sesuai sama skedul, menyusulkan imunisasi saat anak udah tumbuh besar nyata-nyatanya tidaklah masalah. Menurut beliau, anak yg telah cukup besar nyata-nyatanya masih dapat memperoleh imunisasi yg mestinya mereka peroleh saat kecil dengan melaksanakan catch up immunization. Namun, buat mengerjakannya, orang-tua semestinya tidak dapat sembarangan serta semestinya konsultasi terlebih dulu dengan dokter supaya dapat memberikannya vaksin yg pas buat dikasihkan pada anak. Perihal ini disebabkan ada sekian banyak vaksin yg tidak dapat serentak asal dikasihkan pada anak yg udah besar.

Beliau menuturkan jika beberapa macam vaksin seperti vaksin rotavirus tidak dapat asal dikasihkan pada anak yg udah besar lantaran umumnya virus ini dikasihkan dengan cara kontinyu dalam skedul tiga bulan. Diluar itu, vaksin seperti HIB atau PCV tidak butuh dikasihkan pada anak yg udah berumur 5 tahun.

Terus, imunisasi vaksin apakah saja yg dapat disusulkan pada anak yg udah besar biarpun terlambat? Dr. Piprim menuturkan jika vaksin DPT, polio, serta hepatitis B semestinya masih dikasihkan pada anak biarpun kita haruslah tetap konsultasi terlebih dulu pada dokter supaya dapat memperoleh dosis atau skedul yg pas bakal imunisasi ini. Perihal ini penting buat dilaksanakan lantaran terdapatnya ketaksamaan reaksi vaksin pada umur manusia. Jadi info, vaksin bayi bila dikasihkan pada seseorang dewasa bakal memberikannya reaksi yg lebih hebat hingga semestinya dikasihkan vaksin yg mempunyai antigen yg lebih dikit.

No Comments

Categories: Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *